Jumat, 29 April 2011

Part 4b : The Almighty Bos – Meetings hidden agenda


What’s your agenda for today ? 8am : Meeting, 10am : Meeting 2pm Meeting, meeting, meeting and meeting.

Meeting terkadang menjadi kebutuhan, terkadang menjadi momok, meeting bisa menjadi tempat berisi pujian berbunga-bunga, bisa menjadi tempat dimana harga diri kita terangkat, meeting bisa jadi tempat kita “dikunyah” oleh bos, and menjadi tempat kita mengakui betapa lemah dan salahnya kita.
So what really determine the outcome of meetings ?

Jawabannya adalah : Your Boss !, Your Boss has determined the outcome of the meeting even before it starts

Why ? Because a good Bos has to always be in control remember  “selalu benar dikala salah’ ? jadi boss yang baik selalu sudah menentukan tujuan dari sebuah meeting, menentukan tujuan sebuah meeting berarti sudah menentukan outcome dari meeting tersebut.

So.. kalau akhir meeting sudah ditentukan sebelumnya, ngapain kita meeting ? sebelum kita sampai kesana, menurut gw ada 3 macam bentuk meeting :
1.       Direction Meeting
Direction Meeting adalah meeting dimana boss kita mempunyai agenda untuk menyampaikan arahan yang tidak bisa di nego lagi, biasanya tampak ketika kita mengajak argumentasi, bos kita tidak bergeming dan bila kita terus berargumen bos kita menjadi semakin emosional, bila sudah sampai tahap seperti ini, we better backoff and let it be

2.       Conditioning Meeting
Conditioning Meeting adalah upaya bos kita untuk menanamkan sebuah ide ke benak kita, boss kita mencari approval sebuah action dari tenaga kerja, agar tenaga kerja dengan suka rela mau melakukan action tersebut, biasanya dengan menyampaikan berbagai penjelasan kenapa hal tersebut penting dijalankan.

3.       Brainstorming meeting
Meeting dimana boss kita belum mempunyai tujuan yang pasti, walau boss kita pasti sudah mempunyai beberapa pendapat sendiri, namun boss kita masih belum pasti terhadap pendapatnya sendiri, jadi dia mengumpulkan timnya untuk mencari jalan keluar bersama-sama
Di dalam meeting ini, biasanya boss kita akan sangat open terhadap semua ide dan semua argumentasi tanpa menjadi emosional sama sekali.

Dan biasanya sebuah meeting mempunyai flow yang pasti yaitu :
Bila meeting berawal dari brainstorm maka akan bergerak menjadi Conditioning meeting dan pada akhirnya menjadi directional meeting.

So kita sudah tahu jenis2 meeting lalu bisa memang boss kita yang mengendalikan outcome sebuah meeting kenapa kita perlu meeting ? kenapa gak langsung perintah aja ?
Boss perlu menyamakan persepsi, pola pandang dan pola pikir timnya, agar boss dan timnya bisa bergerak sebagai 1 organisme tunggal yang tidak saling memecah belah, inilah fungsi meeting2 tersebut, boss perlu menanamkan “ide” dan “pola pikir” dan “how to do it” didalam benak timnya, agar timnya bisa bergerak dengan lebih efektif

So walaupun boss sudah menentukan outcome dari sebuah meeting bahkan sebelum meetingnya dimulai, maksud bossya sangat baik, yaitu untuk menyamakan pola pikir dan cara pandang.
If from a meeting, boss-nya tidak bisa mendominasi dan menenetukan outcome dari sebuah meeting – than the organization is going to crumble, karena pemimpinnya tidak bisa mendirect arah seluruh organisasi, jika kita bekerja di organisasi seperti itu, we better jump ship and move to another ship, organisasi itu pasti dipenuhi dengan ketidak jelasan dan strategi yang jelas.

It’s always better to have a strategy that is totally wrong than not having a strategy at all.

So when you are in your next meeting, observe your boss carefully apa sudut pandang dan apa pola pikir yang ingin disampaikan, and lihat apa bentuk meetingnya , is it a brainstorm meeting ? conditioning or a direction meeting ?

If it’s a directional meeting walaupun kita gak setuju dengan keputusan boss kita, di terima dulu aja, karena sama seperti kita, boss kita gak mau dipermalukan di depan orang banyak ketika meeting, so biarkan saja, diskusikan pendapat kita diluar meeting secara pribadi dengan boss kita, it works better than arguing with your boss in front of the meeting forum.

Bayangkan apa yang terjadi didalam meeting negosisasi ? both party has agenda in their minds and both party has determined the outcome of the meeting, and so let the negotiation begins ..

So have fun in your meeting, and be smart, read the signs and act accordingly and survive the meeting :D

Tidak ada komentar: