Senin, 13 Oktober 2008

First encounter JakMania

apa yg pertama kali terpikir ketika mendengar nama JakMania --> rusuh, kucel, gak bisa diatur, gak punya duit, ngerusak, preman --> initnya semua yg jelek2,.. well my friend today I had my first encounter with JakMania di Gelora Bung Karno nonton pertandingan Persija VS Persiba.

Ini pertama kali gw masuk ke GBK dan nonton persija, kita dah jaga2 takut rusuh jadi parkir mobil di hotel mulia terus jalan kaki ke GBK, jujur gw jiper ditengah2 crowd orange yg keliatannya beringas, naik motor meraung2, cuma gw sendiri yg pake kemeja ama jeans, and rada rapi sementara pendukung JakMania lainnya bener2 dah siap tempur, really scary, sampe akhirnya gw ketemu contact person gw M'Gede.. and orangnya emang bener2 Gede ;p dari sana gw mulai merasa nyaman and aman, tenang dah ketemu sama pawangnya JakMania, paling gak walau gw diliatin JakMania, gw dah deket pawangnya, jadi kalo ada yg galak gw aman, bisa dikendalikan oleh pawangnya

Pengalaman pertama gw juga masuk ek GBK diperiksa2 sampe 3 kali, karena baju gw rapi gw gak terlalu di periksa seh cuma formalitas aja, cuma yg JakMania bener2 diperiksa tas dibuka, kantong di rogoh, dll, and yg pasti ban pinggang besi disuruh dilepas.

Masuk ke stadion dah berasa aura JakMania, yel2 dan lagu mengumandang memenuhi angkasa merengkuh sukma,.. bener2 merinding gw ngedengernya, trully amazing, aura JakMania.. brrrr... ngeri booo...

So pertandingan dimulai and gw mulai sadar JakMania sangat terorganisir dalam menyanyikan yel2 and dikejauhan gw liat ada gadis kecil nangkring dipager pembatas sambil bawa toa, and semua crowd ngikutin gerakan anak kecil ini,.. oooaalah si anak kecil ini jadi dirijen mereka, didukung sama bunyi2 perkusi yang emang teratur kayak dah dilatih, crowd orange itu jadi sebuah orkestra yg keren, atribut dibadan mereka bisa jadi aksesoris yg keren, kayak atlet senam pita, syal orange diputar di udara dipadu dengan gerakan tangan yg simpel namun karena 3000 orang lebih melakukan hal yg sama, jadinya keren

JakMania punya lagu untuk semua kejadian, ketika terjadi gol ada lagu, waktu hampir gol juga ada lagu, pas wasitnya salah ada lagu juga, pas musuh nge-gol-in juga ada lagu, bener2 unik

So.. balik lagi apa yg ada di benak lu ketika denger kata2 jakMania, kalo gw paling gak dah berubah menjadi : massa cair yg terorganisir, massa sukarela yg mau diorganisir demi tujuan bersama, korwil dan korlap (koordinator lapangan) bener2 jago bisa ngontrol masa sebesar itu, JakMania sebuah organisasi yg kayaknya gak kompeten, tapi sebenarnya kompeten

So.. that's my opinion bout JakMania.l :).. Long Live The Jak

5 komentar:

oranjeSejati mengatakan...

itu baru sedikit fenomena yg lo liat dari The Jak, kalo aja lo punya waktu luang buat ikut tour tandang The Jak ke daerah, lo bakal liat lagi gmn fenomena lainnya ttg THE JAKMANIA...

Orkes GG mengatakan...

itulah sifat manusia, kadang memandang sesuatu hanya dari covernya saja. Cover jelek, pasti dalamnya juga...padahal..?!?!?
gak semua kan??
Citra The Jak bisa jelek oleh bbrp hal, 1 memang karna oknum2 yg tidak bertanggung jawab, juga hal yg paling penting adalah peran MEDIAnjing..!! Keributan 5 menit, di blwo up gede2an, tapi kemana media ketika kami bergandeng tangan sama supporter lain, saling tuker kaos, syal, bernyanyi bersama, minum2 bersama, dll..
rasanya rasa persahabatan bukanlah barang 'mahal' untuk dijual..

buat bro sanderganteng, nich gw kasih dikit url buat nambah2 pengetahuan ente tentang the jak..

http://www.youtube.com/watch?v=KAZj4i03OcU
http://www.youtube.com/watch?v=eqZTym-gqw0

ini film tentang the jak yg diputar di eropa sebelum piala dunia http://www.youtube.com/watch?v=Rfbd4fu0B_E&feature=related
bahkan seorang frans backenbaur bisa tecengan pas ntn film ini :)

ditunggu kedatangannya lagi di GBK..
mari bergembira bersama kami

Brigade Orange Street Boys mengatakan...

Setidaknya kini anda sudah memiliki pandangan positif mengenai kami...

Itulah mengapa kami dapat tumbuh menjadi besar, karena orang2 seperti anda...

Banyak orang yang dulu memandang negatif tentang kami, lantas berubah dan membaiat dirinya menjadi oren sejati... setelah mengenal lebih dalam mengenai kami...

Dan satu hal, mungkin belum, tapi semoga saja, selamat bergabung dalam keluarga besar The Jakmania pada khususnya atau Suporter Persija secara umumnya...

PERSIJA ADALAH HARGA DIRI DAN KEBANGGAAN...

Karena Demi Persija Apapun Kulakukan...

FORZA PERSIJA
PERSIB MERDA

~Brigade Ultras Persija~

Brigade Orange Street Boys mengatakan...

o iya satu lagi bung Sander...

kami doakan semoga anda sekarang jauh lebih ganteng... Apalagi kalo gabung sama kami, pasti berubah jadi tampan dan rupawan...

Long Live The Jakmania...

Anonim mengatakan...

Pepatah bilang...

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG...

Cheers...