Senin, 11 Oktober 2010

Revenue proportion Facebook VS QQ sebuah paradox

Hari ini gw menemukan sebuah fakta yg very interesting n membuat gw makin penasaran untuk menggali lebih dalam lagi

Didalam blog gw yg terdahulu : insight dari proporsi revenenue facebook, bisa dilihat bahwa persentase revenue facebook dari advertising adalah sebesar : 98% dari advertising sementara proporsi revenue advertising QQ adalah sebesar : 12% , yg bikin gw bingung adalah sama-sama social networking kok proporsi revenuenya bisa jauh berbeda, bukannya kalau sama-sama social networking harusnya mempunyai proporsi revenue yang tidak jauh berbeda ?

QQ adalah social networking yang mostly bergerak di mobile, QQ di produksi oleh perusahaan bernama TenCent dari Cina dengan statistik sbb :


1. jumlah Global user di QQ : kurang lebih 822.2 juta user
2. jumlah aktiv user QQ : 341 juta user
3. besar volume traffic message : 100juta message/day
4. besar volume traffic virtual item : 1 juta/hari

QQ adalah socia networking di mobile yg suaaddisss...

So QQ dan FB, kedua2nya adalah major player di social networking lalu mengapa proporsi revenue dari advertisingnya jauh berbeda ?

IMHO, jawabannya terdapat di cara FB dan QQ mengengage user mereka, bila kita perhatikan persentase revenue advertisement FB maka tampak bahwa proporsi besar revenue ad mereka datang dari performance ad,dimana dengan performance ad user bisa beriklan sendiri di FB

Sementara di QQ tidak mempunyai fitur DIY (Do it Yourself) performance ad, yang ada adalah fitur jual-beli content, karena itu revenue proportionnya bisa jauh berbeda, namun basic-nya adalah sama yaitu mereka berdua telah berhasil meng-engage audience yang pada akhirnya meng-generate revenue yg besar.

But again, ini hanyalah in my humble opinion :D

Tidak ada komentar: