Rabu, 15 September 2010

Insight dari Proporsi Revenue Facebook

“Berapa sih revenue facebook?” pemikiran ini “pop-up” begitu saja di benak gw, and apakah gw bisa “menduplikasi pola revenue facebook ?” 2 pertanyaan ini menghantui hari-hari gw, so sharing gw hari ini akan menjawab pertanyaan nomor 1 “berapa sih revenue Facebook?”

Total Facebook user : 515,617,460

Proporsi User facebook :
Top 10
1. United States 133,925,380
2. United Kingdom 28,003,500
3. Indonesia 27,800,160
4. Turkey 23,833,140
5. France 19,284,420
6. Italy 16,706,640
7. Philippines 16,675,160
8. Canada 16,465,260
9. Mexico 15,483,640
10. India 13,580,100

Revenue proportion Facebook



Sayangnya gw gak bisa dapetin data statistic user facebook untuk tahun 2009 tapi untuk sekedar membuka wacana, mari kita simplifikasi, kita asumsikan saja dengan data revenue 2009 paling tidak sama dengan data revenue 2010, jadi kita bisa langsung membandingkan data-data diatas

Brand Advertising = Iklan yang didapatkan oleh Team Advertising Facebook dan Sales House Facebook

Microsoft Advertising = account ini memang rancu,dan gw gak menemukan literature yg credible yang bisa menunjukkan sebetulnya advertising seperti apa sih ini, tapi yg pasti Microsoft selalu beriklan di facebook, dan gw rasa mungkin ini dijadikan revenue oleh Facebook.

Virtual Goods = revenue dari penjualan virtual item

Performance Advertising = revenue yg didapat dari beriklan secara online di Facebook dengan sistim DIY (Do It Yourself – user pribadi bisa langsung beriklan di facebook) dengan model CPC (Cost Per Click) atau CPM (Cost per Mille), buat yang gak ngerti online ad, CPC artinya advertiser hanya membayar iklan tersebut bila iklan tersebut diclick, kisaran harga CPC 0.02-1,5 USD dan CPM adalah model beriklan dimana advertiser membayar untuk 1000 kali impressions atau 1000 kali iklan ditayangkan, biasanya harganya 2 USD untuk 1000 impressions.

Mari kita kalkulasi proporsi revenue Facebook
Brand Advertising : 35,4%
Microsoft Advertising : 7,9%
Virtual Goods : 1,6%
Performance Advertising : 55,1%

Dilihat dari proporsi revenue facebook, maka bisa dibilang most of facebook Revenue berasal DIY, paling tidak ini menandakan bila mau create online media maka kita harus focus utama pada monetization audience dan ke-2 monetization Brands , namun perlu diingat facebook bisa mencapai revenue seperti ini, dimana di USA dan Eropa sudah tersedia berbagai payment gateway online seperti paypal dan kartu kredit yang sudah umum dipakai oleh public, jika serta merta analisa ini diterapkan di Indonesia bisa kacau jadinya, kita perlu memikirkan payment gateway yg diterima secara umum di Indonesia bila ingin menerapkan pola bisnis facebook.

Lalu sebenarnya berapa sih revenue per user facebook ?, bila kita generalisir saja, maka revenue per user = 1,232 USD atau satu koma dua dollar US jika di konversi ke Indonesia setara dengan 9-10 ribu rupiah didalam angka ini terdapat pendapatan advertising juga, bila kita exclude advertising dank ita fokuskan saja pada virtual goods, maka angka revenue virtual goods per user adalah : 0.019 USD = hanya satu koma Sembilan sen US

Jadi bila kita mempunyai sebuah situs jejaring social seperti facebook dengan jumlah user sekitar 4 juta user, maka bila kita jualan virtual goods maka sales projections based on facebook data adalah = 0.019USD x 4000.000 user x 2% (diasumsikan karena tidak ada online payment gateway yg diterima secara public di Indonesia hanya 2% yg sukses transaksi) maka revenue kita adalah 1.52 juta USD = 13,68 Milyar selama satu tahun, angka yang menggiurkan namun perlu diingat asumsi 0.019USD ini hanya berlaku untuk market yg sudah memiliki online payment gateway yang diterima oleh public, dan fitur social network yang secanggih facebook dengan profile targeting facebook yang sangat dalam.

PR (Pekerjaan Rumah) yang jadi beban gw adalah gw perlu mengkonversi angka = 2,232 USD dan angka 0,019 USD menjadi angka2 praktis di Industri online Indonesia, berapa sih sebenarnya angka index yang bisa dipakai untuk memproyeksikan Revenue sebuah situs dan bila angka ini sudah ditemukan dengan mudah kita bisa menemukan modul2 Revenue Generator untuk diimplement di situs-situs kita.

Note: didalam blog ini semua angka-angka sudah di simplifikasi, diasumsikan angka-angka tersebut belum termasuk cost-cost yang terjadi akibat penggunaan online payment gateway, dan cost2 lainnya.

Untuk tahap awal ini paling tidak kita bisa belajar dari facebook :
1. Pageview and number of user yang tinggi menggenerate revenue yang tinggi pula  iyalah…
2. Advertising VS Virtual Goods, Advertising is still the main revenue generator bahkan bagi facebook.
3. Advertising di point 2 adalah advertising yang bersifat DIY (Do it Yourself)

So.. intinya :
1. Focus on your audience --> this is your biggest revenue source
2. Focus on your advertiser

Sumber : www.insidefacebook.com ; www.facebook.com ; www.businessinsider.com ; www.checkfacebook.com

Tidak ada komentar: