Kamis, 29 Juli 2010

Membangun sebuah cathedral yang cantik - Berani berkata tidak pada sebuah kesempatan

Just got an email, it’s the fourth time within 2010 another job offer :D

Tentu saja gw senang mendapatkan offer seperti itu, apalagi mostly menawarkan benefit financial yang tidak kecil dengan package-package yang menarik, paling tidak tanpa memandang nilai package benefit yang ditawarkan, offering itu berarti gw masih laku dipasar atau paling gak, gw di perceive mempunyai value di industry or di market :D

Job Offer tersebut membuat gw berfikir, is everything really about the money ? is it all about the financial package yang di offer ?

Benak gw flashback ke masa-masa diawal kuliah dimana gw struggling untuk set up my own company sebuah design house,ditengah2 kondisi chaotic tersebut gw selalu bertahan dengan 1 pemikiran “Gw tidak sedang hanya membangun sebuah tembok, gw sedang membangun sebuah cathedral yg indah”, pemikiran ini pulalah yang menguatkan gw pada akhirnya untuk melepaskan design house tersebut, beralih dari seorang wirausaha menjadi seorang karyawan, sebuah 1 langkah mundur yang melejitkan gw 1000 langkah kedepan. Keputusan gw untuk meninggalkan usaha gw dan kerja untuk orang lain, mulai dari staff bawah, memberikan gw kesempatan untuk belajar mengenai struktur organisasi,belajar memgenai proses bisnis, office politics, dan banyak hal – hal lain yang mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk gw dapat di usaha sendiri.

Dan sekarang dimana gw berdiri diantara job offer gw pun bertahan pada prinsip gw “Bangunlah sebuah cathedral yang indah, jangan hanya membangun tembok” company – company domestic dan internasional itu memang menawarkan financial package yang sangat menarik, tapi itu semua dimata gw seperti “membangun sebuah tembok” gw mau “membangun sebuah cathedral yang indah”.

3 insight sederhana yang bisa gw share sebagai parameter atau batasan defenisi sebuah cathedral yang indah adalah :

1. TRUST
Ketika kita sudah mendapatkan trust/kepercayaan dari atasan dan dari tim sekerja kita, itu adalah sebuah tanda bagi gw, disinilah gw bisa membangun sebuah cathedral yang indah, karena trust/kepercayaan mendatangkan delegasi, dan delegasi mendatangkan aktualisasi diri, dan aktualisasi diri mendatangkan kepuasaan, perasaan kita berarti, perasaan kita telah mencapai sesuatu, perasaan kita telah meninggalkan sebuah legacy, dan dari semua itu, Trust medatangkan appreciation, and the feeling of being fully appreciated it’s very rewarding.

2. VISION
Visi sama seperti tujuan yang ingin kita capai, bisa dibilang gw memang belum punya visi gw sendiri atau paling tidak visi gw belum sempurna, namun gw bisa meminjam visi tempat gw bekerja, dan gw bangga untuk terlibat didalam mewujudkan visi tersebut.
Kesamaan visi antara kita, atasan dan team kita membuat hidup dan bekerja menjadi jauh lebih sederhana dan penuh dengan semangat, kesamaan visi memberikan arti didalam pekerjaan kita. Kesamaan Visi memberikan kita alasan untuk terus masuk kerja dihari Senin.
3. SELF DEVELOPMENT
My job is not my carreer, gw gak pernah membatasi diri gw terhadap dimana gw akan berkarya, dimanapun gw berkarya disitu seharusnya gw terdevelop, baik technical skill gw dan inter-personal skill gw. Dimana gw growing disana gw akan stay sampai akhirnya gw mencapai titik plato and maybe pada saat plato tersebut adalah saatnya gw pindah.

Dan menurut gw, 3 hal ini jauh lebih berharga daripada financial package tersebut. Jadi apakah ini artinya gw sedang “membangun sebuah cathedral yang indah” jawabannya adalah ya, paling tidak itu yg gw percayai, apakah tempat gw bekerja sekarang adalah tempat yang paling cocok ? jawaban gw adalah “untuk sekarang iya, disinilah gw sedang membangun cathedral yang indah”, dimasa depan tentunya gw akan terus membangun cathedral yang indah, mungkin saja cathedral yang gw bangun pindah dan memaksa gw untuk berpinda pula :D, tapi itu urusan dilain waktu, for now I’m sticking with this one.

Untuk teman-teman semua,I sincerely pray you also can find yourself, these 3 parameters in your workplace and you can be the best you can be, build yourself a beautiful cathedral.

Tidak ada komentar: