Senin, 12 September 2011

Arcade game VS Simple Management Game, blog sederhana perbandingan zynga,playfish n playdom



Beberapa minggu belakangan ini gw lagi melakukan riset internet via social game, and I bump in to several things, ada info yang bagus, ada info yang biasa, nah didalam blog gw kali ini, gw mau share findings gw mengenai minat game yang disukai di oleh user internet global

Beberapa parameter yang dipakai :

MAU : Monthly Active user à Jumlah active user disebuah portal dalam kurun waktu 1 bulan
DAU : Daily Active User = jumlah active user disebuah portal dalam kurun waktu 1 hari
DAU/MAU = alat yg gw pakai untuk menentukan seberapa addictive game tersebut dengan membandingkan jumlah active user selama sebulan dengan jumlah active user per hari.

Gw membandingkan 3 developer game besar yaitu : Zynga, EA-Playfish dan Playdom
Secara summary, performa mereka sbb : -tadinya mau mengikut sertakan data revenue tapi sayangnya data revenue playfish dan playdom gw gak dapet :(-

developer
MAU
DAU
DAU/MAU
#apps
Zynga
273,700,943
47,535,739
17%
61
EA-Playfish
77,883,337
17,284,939
22%
44
Playdom
34,002,544
5,290,398
16%
44


average
18%


Sekilas dari data ini secara garis besar kita bisa lihat bahwa benchmark untuk DAU/MAU di industry adalah sebesar 18% so di dunia social game 18% returning visit bisa dianggap baik
1 hal yang perlu dilihat Playfish mempunyai rasio DAU/MAU yang lebih tinggi dari yang lain dengan jumlah user lebih sedikit dari zynga, sayang gw gak nemu data revenue, karena kalo ada gw bisa bandingin  revenue per MAU antara zynga dengan EA-Playfish, karena secara logic dengan tingkat rasio DAU/MAU Playfish yang lebih tinggi dari yang lain, mungkin Playish mempunyai revenue/MAU yang lebih tinggi

Anyway, balik ke topic, dari 3 developer game ini gw kategorikan 15 game terbaik mereka (dilihat dari rasio DAU/MAU) menjadi 5 kategori : sports, arcade, easy management (Farmville,petsociety,cittyville, dkk), war dan RPG, and hasilnya sbb :


DAU/MAU
Arcade
20%
easy management
14%

So it seems, game-game seperti tetris,bejeweled, dan game-game arcade lainnya lebih menarik orang untuk bermain, mungkin cara bermain yang sederhana membuat banyak orang kembali mengunjungi game tersebut.

Tapi berbicara mengenai viral effect dan monetizasi, permainan easy management (Farmville,cityville,petsociety,dkk) memiliki lebih banyak tools dan kesempatan.
Game arcade memang bisa dibuat menjadi viral, namun message apa yang di viral-kan ? di benak gw paling isinya : nilai tertinggi atau level tertinggi, lalu yang bisa di monetize adalah pembelian token untuk judi mungkin, yang pasti pembelian virtual item di game arcade lebih terbatas.

Sayangnya gw gak punya data financial yang mendukung statement gw diatas, but my firm believe is :
Monetization ada di game “easy management” seperti pembelian token untuk virtual item, lalu penggunaan fitur viral untuk meningkatkan member  dan loyalty lebih bisa dilakukan di game “easy management”

So takeaway dari blog simple ini adalah :
1.       Average industry number social game versi sander = DAU/MAU = 18%
2.       Game arcade lebih diminati daripada game “easy management”
3.       Kalau bisa menemukan cara ciamik untuk me-monetize game arcade -> that will be great

Oks, daku coba “belah-belah” lagi data2 zynga,playfish and playdom n I’ll share it in the future J

1 komentar:

zaswer mengatakan...

bahasa inggris dong bos jadi bisa kita copas untuk mindloud.com, tulisan lo dua biji udah gw copas ya bos sander :) tararengkyu...

P-diz