Beberapa minggu belakangan ini gw lagi melakukan riset
internet via social game, and I bump in to several things, ada info yang bagus,
ada info yang biasa, nah didalam blog gw kali ini, gw mau share findings gw
mengenai minat game yang disukai di oleh user internet global
Beberapa parameter yang dipakai :
MAU : Monthly Active user à
Jumlah active user disebuah portal dalam kurun waktu 1 bulan
DAU : Daily Active User = jumlah active user disebuah portal
dalam kurun waktu 1 hari
DAU/MAU = alat yg gw pakai untuk menentukan seberapa
addictive game tersebut dengan membandingkan jumlah active user selama sebulan
dengan jumlah active user per hari.
Gw membandingkan 3 developer game besar yaitu : Zynga,
EA-Playfish dan Playdom
Secara summary, performa mereka sbb : -tadinya mau mengikut
sertakan data revenue tapi sayangnya data revenue playfish dan playdom gw gak
dapet :(-
developer
|
MAU
|
DAU
|
DAU/MAU
|
#apps
|
Zynga
|
273,700,943
|
47,535,739
|
17%
|
61
|
EA-Playfish
|
77,883,337
|
17,284,939
|
22%
|
44
|
Playdom
|
34,002,544
|
5,290,398
|
16%
|
44
|
average
|
18%
|
Sekilas dari data ini secara garis besar kita bisa lihat
bahwa benchmark untuk DAU/MAU di industry adalah sebesar 18% so di dunia social
game 18% returning visit bisa dianggap baik
1 hal yang perlu dilihat Playfish mempunyai rasio DAU/MAU
yang lebih tinggi dari yang lain dengan jumlah user lebih sedikit dari zynga,
sayang gw gak nemu data revenue, karena kalo ada gw bisa bandingin revenue per MAU antara zynga dengan
EA-Playfish, karena secara logic dengan tingkat rasio DAU/MAU Playfish yang
lebih tinggi dari yang lain, mungkin Playish mempunyai revenue/MAU yang lebih
tinggi
Anyway, balik ke topic, dari 3 developer game ini gw
kategorikan 15 game terbaik mereka (dilihat dari rasio DAU/MAU) menjadi 5
kategori : sports, arcade, easy management (Farmville,petsociety,cittyville,
dkk), war dan RPG, and hasilnya sbb :
|
DAU/MAU
|
Arcade
|
20%
|
easy management
|
14%
|
So it seems, game-game seperti tetris,bejeweled, dan
game-game arcade lainnya lebih menarik orang untuk bermain, mungkin cara
bermain yang sederhana membuat banyak orang kembali mengunjungi game tersebut.
Tapi berbicara mengenai viral effect dan monetizasi,
permainan easy management (Farmville,cityville,petsociety,dkk) memiliki lebih
banyak tools dan kesempatan.
Game arcade memang bisa dibuat menjadi viral, namun message
apa yang di viral-kan ? di benak gw paling isinya : nilai tertinggi atau level
tertinggi, lalu yang bisa di monetize adalah pembelian token untuk judi mungkin,
yang pasti pembelian virtual item di game arcade lebih terbatas.
Sayangnya gw gak punya data financial yang mendukung
statement gw diatas, but my firm believe is :
Monetization ada di game “easy management” seperti pembelian
token untuk virtual item, lalu penggunaan fitur viral untuk meningkatkan member dan loyalty lebih bisa dilakukan di game “easy
management”
So takeaway dari blog simple ini adalah :
1.
Average industry number social game versi sander
= DAU/MAU = 18%
2.
Game arcade lebih diminati daripada game “easy
management”
3.
Kalau bisa menemukan cara ciamik untuk
me-monetize game arcade -> that will be great
Oks, daku coba “belah-belah” lagi data2 zynga,playfish and
playdom n I’ll share it in the future J
1 komentar:
bahasa inggris dong bos jadi bisa kita copas untuk mindloud.com, tulisan lo dua biji udah gw copas ya bos sander :) tararengkyu...
P-diz
Posting Komentar